tTerima kasih atas kunjungan anda di blog saya. Maaf apabila blog saya tidak berkenan di hati anda. Sebagai tanda terima kasih, saya doakan anda masuk surga.

Senin, 06 Juli 2009

VINTAGE .

Banyak cara untuk tampil gaya. Dari mulai berburu barang ber-merk sampai hunting baju-baju second yang unik. Buat kamu pecinta vintage look, cara terakhir pastinya menjadi plihan yang tepat. Selain nggak menghabiskan banyak biaya, gaya kamu juga akan terlihat beda dan nggak pasaran. Coba lihat deh cewe-cewe gaul yang suka bergaya ala vintage look. Keren kan?

Photobucket

Photobucket

Meskipun saat ini sudah banyak tempat yang menjual baju-baju second seperti daerah Poncol, Jakarta atau Pasar Gede Bage di Bandung, tugu pahlawan di Surabaya , kamu tetap harus pintar memilih ya! Jangan karena dijual dengan harga miring, kamu jadi asal beli. Asal tahu kuncinya, kamu bisa kok mendapat baju second dengan kualitas yang baik. Caranya bisa kamu lihat dibawah ini:

☂ Faktor kenyamanan adalah hal pertama yang harus kamu utamakan ketika ingin membeli baju-baju second. Inget lho, usia sebuah baju bisa dilihat dari bahan baju tersebut. Bahan baju yang sudah lama biasanya akan terasa kering, rapuh dan nggak nyaman saat dikenakan. Kalau emang nggak terasa nyaman di badan, lebih baik lupakan saja.

☂ Model baju yang berbeda zaman tentunya memiliki potongan yang berbeda pula. Pastikan juga baju yang kamu pilih memiliki jahitan yang kuat. Bila dua hal itu sudah kamu lakukan, jangan malas untuk mencoba ya, karena baju yang pas di mata belum tentu cocok untuk dikenakan.

☂ Supaya makin banyak pilihan, kamu harus rajin mencari informasi tentang tempat yang menjual baju-baju second. Siapa tahu kamu akan menemukan barang yang lebih unik lagi. Tentunya akan lebih baik jika kamu bisa menemukan tempat yang sudah memiliki kredibilitas dalam menjual baju-baju second. Dijamin kamu nggak bakalan kecewa deh!

☂ Last but not least, ada satu hal yang nggak boleh kamu lupain nih. Jika akhirnya kamu sudah menemukan baju second yang pas di hati, sebaiknya baju-baju tersebut kamu rendam terlebih dahulu dalam air hangat supaya kuman-kuman yang menempel di baju kabur semua. Setelah itu, baru deh dicuci bersih dan diberi pewangi. Dengan cara ini, nggak ada yang tahu kalau bajumu adalah barang second.

Trik melestarikan

Sebelum disimpan pertama-tama pastikan baju telah benar-benar dalam keadaan bersih. Semakin lama noda dibiarkan, semakin sulit menghilangkannya.

Jauhkan penyimpanan baju atau kain tua dari cahaya, karena kondisi bahan bisa menurun. Bila baju harus dilipat, setiap beberapa bulan sekali ubahlah cara melipatnya Hindari tumpukan terlalu banyak dan berat, letakkan bahan yang ringan di tumpukan teratas. Kesempatan mengubah lipatan secara berkala ini sekaligus bisa digunakan untuk memeriksa kondisi baju dan bahan, antara lain apakah baju bebas ngengat.

Ada baiknya menyimpan lada di lemari, karena konon bisa mengusir ngengat. Bila menggunakan kamper atau kapur barus, perhatikan agar kamper tidak menyentuh baju. Potpourri atau harum-haruman memang seringkali digunakan untuk mengharumkan lemari, namun kurang ampuh sebagai penangkal hama.

Jangan menyimpan baju dalam kantung atau wadah plastik, karena serat bahan perlu bernafas, selain juga akan memuai dan menyusut sesuai perubahan suhu. Menyimpan baju lama dalam kotak karton atau kardus, juga tidak dianjurkan karena produk kertas banyak yang mengandung asam dan bisa berpengaruh buruk pada bahan.

Cara paling aman adalah melipat baju lama dengan hati-hati, lalu simpan dalam kantung terbuat dari bahan belacu. Selain aman, juga murah.

Melindungi busana vintage bagaikan menyimpan kenangan. Dan kenangan seperti halnya mode masa lampau, merupakan bagian dari sejarah yang layak dilestarikan

0 Comments:

Post a Comment